Senin, 12 September 2011

Untuk Mahasiswa Mata Kuliah "ICT and Multimedia for English Language Teaching"

Perkuliahan 1.
Perkuliahan 1 tentang pembuatan SOP. SOP sangat diperlukan dalam melaksanakan tugas kita. Sebagai guru bahasa Inggris, suatu ketika kita perlu membuat SOP untuk Acuan Penggunaan Laboratorium Bahasa. Pertama-tama silahkan anda download bahan berikut kemudian anda baca.
 PPT SOP
Silahkan juga lihat contoh SOP berikut:
Cth SOP
dan ini:
cth SOP
Selanjutnya silahkan dibuat SOP untuk Penggunaan Laboratorium Bahasa. Kemudian kirimkan melalui menu Komentar pada Post Task I

Perkuliahan 2.
Perkuliahan 2 tentang membuat Media Visual agar lebih menarik interaktif. Silahkan didownload  tautan berikut.
Make Audiovisual Interractive
 Selanjutnya secara kelompok, jangan lupa tuliskan nama dan NIM anggota kelompok, Jawab 5 pertanyaan yang ada dalam Bahasa Indonesia. Kemudian silahkan dikirimkan melalui menu komentar pada Post Task II.


Perkuliahan 3.
Perkuliahan 3 tentang Bahan Ajar. Yang harus anda lakukan adalah download file dari tautan berikut
Panduan Pengembangan Bahan Ajar SMA
Selanjutnya carilah bahan ajar bisa Buku, LKS, atau yang lain, lakukan evaluasi dengan menggunakan format evaluasi formative yang ada.
Dalam hal ini anda harus menyebutkan:
1. Nama dan NIM anda.
2. Nama Buku, LKS, Modul yang anda evaluasi.
3. Nama Penerbit
4. Tahun Terbit.
5. Skor yang anda berikan.
6. Deskripsi anda dan alasan anda atas skor yang anda berikan.
Kemudian silahkan dikirimkan melalui menu komentar pada Post Task III.

18 komentar:

  1. MUHAMMAD SIFYANI
    A 320090187
    CLASS E
    TASK I (SOP)

    STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR (SOP) PENGGUNAAN LAB BAHASA OLEH SISWA-SISWI ATAU PELAJAR MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS DI SEKOLAH SMA MUHAMMADIYAH 04 ANDONG BOYOLALI.

    I. TUJUAN
    Memfasilitasi dan membantu siswa dalam rangka pengembangan serta penambahan kemampuan siswa dalam berbahasa Inggris.
    II. RUANG LINGKUP
    Semua siswa-siswi SMA Muhammadiyah 04 Andong Boyolali yang mengikuti mata pelajaran bahasa Inggris di sekolah.
    III. ACUAN
    Misi SMA Muhammadiyah 04 Andong Boyolali adalah “ Mampu menciptakan siswa-siswi yang cakap dan terampil guna menyongsong perubahan zaman serta menjadi tauladan bagi sekolah-sekolah yang lain”.
    IV. SARANA
    30 unit peralatan laboratorium bahasa, 1 unit master control, perangkat audio visual, dan alat tulis.
    V. PROSEDUR
    a. Guru mata pelajaran mengajukan surat ijin penggunaan Lab Bahasa yang ditujukan kepada Kepala Sekolah.
    b. Kepala Sekolah memerintahkan kepada kepala Lab Bahasa untuk mempersiapkan segala sesuatu yang berhubungan dengan proses kegiatan tersebut termasuk segala bentuk administrasi maupun rencana anggaran pelaksanaan kegiatan tersebut.
    c. Kepala Lab Bahasa dan pengelolanya mempersiapkan sarana prasarana, pengaturan jadwal serta berkoordinasi dengan Guru Mata Pelajaran berkenaan dengan hal-hal apa saja yang berkaitan dengan kegiatan tersebut.
    MEKANISME / ALUR KERJA

    GURU MATA PELAJARAN
    1 Hari 
    KEPALA SEKOLAH

    1 Hari 
    KEPALA LAB BAHASA

    1 Hari 
    PENGELOLA LAB BAHASA

    BalasHapus
  2. Task 1
    Name : IhwanRosidi S
    NIM : A_320090038
    Class : A

    Using Language Laboratory for Students
    Scope : The way to use laboratory and operate it, for all students who use laboratory
    Tools : Tape Recorder, Headset, A set of medium (booth, chair, etc.)

    Procedure to Use Language Laboratory
    1. Maximum quota of language laboratory just for 40 students.
    2. Language laboratory for studying, experiment, school necessity, no more.
    3. Using language laboratory based on your schedule.
    4. The students must keep the cleanness.
    5. Banned damaging the tools in laboratory.
    6. If there a corruptness as soon as report to the teacher.
    Procedure to Borrowing Language Laboratory

    Task 1
    Name : IhwanRosidi S
    NIM : A_320090038
    Class : A

    Using Language Laboratory for Students

    Scope : The way to use laboratory and operate it, for all students who use laboratory
    Tools : Tape Recorder, Headset, A set of medium (booth, chair, etc.)

    Procedure to Use Language Laboratory
    1. Maximum quota of language laboratory just for 40 students.
    2. Language laboratory for studying, experiment, school necessity, no more.
    3. Using language laboratory based on your schedule.
    4. The students must keep the cleanness.
    5. Banned damaging the tools in laboratory.
    6. If there a corruptness as soon as report to the teacher.

    Procedure to Borrowing Language Laboratory

    Teacher - Laboratory chief - Laboratory Organizer - Coordinating Guiding Teacher - determining the schedule with the teacher.

    BalasHapus
  3. Task 3
    1.Nama : Nur shafitri
    NIM : A.3200 90008
    2.Nama buku yang dievaluasi : cheer on English for kids
    3.Nama penerbit: Sri W,L prasetio
    4.Tahun terbit : 2005
    5.Skor yang diberikan : jika nilai dimulai dari 1-10 maka yang saya berikan adalah 9
    6.Deskripsikan tentang sekor : buku ini sangat bagus untuk siswa karena didalem buku cheer on English for kids materi yang sangat baik dan terdapat bahan materi yang tepat pula untuk siswa pada levelnya.selain itu buku ini disertai contoh pertanyaan yang dapat menstimulus kerja otak para siswa.jadie buku ini sangat bagus untuk digunakan oleh siswa.

    BalasHapus
  4. Nama : nurul rahmayani

    Nim: a 3200 900 71

    Kelas b

    Ict task 3

    Nma buku: get along with English for vocational school grade XII
    Penerbit: Erlangga
    tahun terbit: 2010
    skor: 100

    Deskripsi:

    this book can motivate learners to learn the materials because the textbook have some interesting pictures ands more clue to do or to learnthemself. The textbook can useful to the learners because on the textbook there are many question to prepare national exam. The textbook suitable to the learners competence, learers needs and learners level because it for vocational school grade xii intermediate lev el and also v oc ational student need to b e prepared to enter the working after they graduate and should have some special abilities to support their knowledge. From the textbook the student can improve the English langungae because each chpter discuss a new text which that means a new vocabulary who the student learn. The c over and the content can interest to the learners because the cover is colourful it can make the student want to learn. The content of textbook is valuable because it suitab le with v ocational student. The b ook can also integrate four language : skills, aspects, c ontents, and use. The book c an make open their horizon.

    Textbook in title “ get along with English for vocational school grade XII intermediate level” is written based on standar isi 2006.

    ****Determinin g the percentage of c ompab ility

    Total n umber of data found in (text book) : total number ofcriteria x 100%

    11 / 11 x 100 %

    = 100 %


    **** schema of quality classification

    Intervalpercentage COMPABILITY
    76 – 100 % very good
    56 – 75 % good
    40 – 55 % fair
    0 – 40 % poor

    This b ook can be used in regional in Surakarta and v ery good to used for vocational school grade XII intermediate level b ecauswe this b ook was fulfill the criteria for v ocational student

    BalasHapus
  5. task 3
    1.Nama : Siri padminingsih
    Nim : A320090010
    Class : A
    2.Nama buku : Lks prioritas
    3.Penerbit : Cv Surya Badra
    4.Tahun terbit : 2005
    5.Skor : A.8,5-10
    B.7,5-8,4
    C.6,5-7,4
    D.0 -6,4
    6.Deskripsi tentang skor:LKS ini sangat bagus untuk siswa karena didalam LKS Prioritas materi yang sangat baik dan terdapat bahan materi yang tepat pula untuk siswa pada levelnya.selain itu LKS ini disertai contoh pertanyaan yang dapat menstimulus kerja otak para siswa,serta dan sehingga siswa mudah untuk mengerti dan memahami materi yang telah di berikan dan siswa bisa mengerjakan soal-soal

    BalasHapus
  6. NAME : ASTUTI LISA NURMA Y
    NIM : A 320090153
    CLASS : E

    ICT TASK 3
    Title of book : Grow with English 5
    Writer : Mukarto
    Publisher : Erlangga
    Year of publisher : 2007
    Place of publication : Jakarta
    Score : 83,3%
    Description
    The cover of this textbook is so interesting. There are describing a buying and selling process, a boy using a camera like it was an excursion. And the textbook is full color, there are many color such as: orange, purple, blue, green, black, white and etc. It can give attention for the learners to read the textbook. This book contains six lesson units and review. Each unit has different material but consists of integrated the four skills (listening, speaking, reading, and writing). This textbook contains some exercises that can develop the learner’s ability in English teaching learning process. The exercise can find on every page from this textbook. The teacher orders the student to listen what the teacher say then the teacher give command to the learners to repeat and to do what the teacher say. This book uses simple directions that make understand easier by the teacher and student, for example: let’s listen and do. But there are no varieties of English and a cultural bias in this book. This textbook not provides with workbook, audio and/or video and not provides the answer keys.
    That there are 10 criteria that appropriate with the evaluation textbook criteria adapted from Robinett’s criteria.
    “schema of quality classification” based on Suharsini Arikunto, 1993:201
    Interval Percentage Compatibility
    76-100% Very Good
    56-75% Good
    40-55% Fair
    0-40% Poor

    10/12 x100%=83,3%
    The result of this study is 83, 3%, it mean that this textbook is very good and suitable to use to 5th class students in elementary school. The teachers can recommend using this textbook in teaching learning process.

    BalasHapus
  7. TASK 3

    Nama: Devi Putri Oktariani
    NIM : A320090019
    Kelas: A

    Title of book : TEACHING ENGLISH AS A FOREIGN LANGUAGE (TEFL)
    Writer : Endang Fauziati
    Publisher : Era Pustaka Utama
    Year of publisher : 2010
    Place of publication : Pajang, Laweyan, Surakart
    Score : 85%

    Description:
    Teaching English as a foreign language is guide book for teacher self study and development.This book can be used by those who are learning to teach foreign language and those who are teaching foreign laguage.This book contains a rich source for teacher trainees and experienced teachers who want to refresh and develop their teacheral skills.this book is divided into 2 part : (1)The first part of this book provides readers with some topics teachers should know or what they could do to facilitate students practice in language skills, (2) The second part presents an exploration on topics teachers need to acknowledge about the learners and also contains topics which teachers need to know in order to perform their jobs effectively and professionally. This book can motivate student to teach.

    BalasHapus
  8. Nama : Ferdilla hana pramesti
    NIM : A. 320090165
    Kelas : E

    ICT TASK 3

    Judul Buku : Link to The World 1 (English for Senior High School) Grade X
    Nama Penerbit : Yudhistira
    Tahun Terbit : 2006
    Skor : 75%
    Deskripsi : Sampul buku ini sangat menarik. Berwarna biru, merah dan kuning. Terdapat gambar beberapa pasukan inggris yg menaiki kuda, menara dengan jembatan penghubung, perempuan yg sedang menggunakan ponsel juga beberapa orang yang bersepeda di jalan raya. Buku ini sangat menarik untuk di pelajari, karena terdapat gambar untuk memperjelas maksud dari soal yang ada. Gambar gambar tersebut dapat membangkitkan motivasi siswa. Buku ini sangat bermanfaat karena mengandung bahan yang di perlukan siswa, karena Buku Bahasa Inggris ini siswa dituntut aktif dalam pelajaran Listening,Writing, Reading dan Stucture. Terdapat contoh dan Pertanyaan dari yang mudah sampai yang tersulit. Bahasa yang digunakan mudah di pahami oleh siswa. Buku ini juga dapat meningkatkan kosa kata dalam bahasa inggris. Format dari buku ini menggunakan simbol yang mudah dipahami oleh siswa. Alat ajar yang digunakan salah satunya adalah tep yang digunakan saat listening. Guru bertugas memotivasi siswa, membantu siswa paham dalam setiap pelajaran dengan cara menyuruh siswa mendengarkan apa yang disampaikan dan siswa melaksanakan apa yang diperintah oleh guru.
    Dari deskripsi diatas dapat ditemukan 9 kriteria dari Robinett , 1978: 249-251
    “Link to The World 1” (English for Senior High School)
    Persentase Kesesuaian
    76-100% Sangat Baik
    56-75% Baik
    40-55% Cukup
    0-40% Kurang Baik

    9/12 x100%=75%
    Hasil dari buku yang berjudul “Link to The World 1” (English for Senior High School) grade X persentasenya 75% yaitu baik. Dan buku ini dapat di gunakan oleh siswa SMA kelas 1 di Boyolali.

    BalasHapus
  9. NAMA : IKA PUJI ASTUTI
    KELAS : B
    NIM : A 320090082


    INSTRUMEN EVALUASI FORMATIF
    Judul Bahan Ajar : Look Ahead An English Course 1
    Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
    Nama Penerbit : ERLANGGA
    Tahun terbit : 2005

    Buku ini sudah sesuai kurikulum berbasis kompetensi,sesuai umur pelajar dan buku ini sangat menarik untuk belajar murid karena setiap sub pokok bahasan di sertai dengan gambar agar murid termotivasi untuk belajar dan mudah dipahami.Buku ini bertujuan untuk mengembangkan ketrampilan siswa dalam aktivitas membaca,menulis,dan berbicara.

    Berilah tanda check (v) pada kolom yang paling sesuai dengan penilaian Anda.
    1 = sangat tidak baik/sesuai
    2 = kurang sesuai
    3 = cukup
    4 = baik
    5 = sangat baik/sesuai

    No Komponen 1 2 3 4 5
    KELAYAKAN ISI
    1 Kesesuaian dengan SK, KD V(empat)
    2 Kesesuaian dengan kebutuhan siswa V(empat)
    3 Kesesuaian dengan kebutuhan bahan ajar V(emapt)
    4 Kebenaran substansi materi V(empat)
    5 Manfaat untuk penambahan wawasan pengetahuan V(empat)
    6 Kesesuaian dengan nilai-nilai, moralitas, sosial V(empat)
    KEBAHASAAN
    7 Keterbacaan
    8 Kejelasan informasi V(empat)
    9 Kesesuaian dengan kaidah Bahasa Indonesia V(satu)
    10 Penggunaan bahasa secara efektif dan efisien V(empat)
    SAJIAN
    11 Kejelasan tujuan V(empat)
    12 Urutan penyajian V(empat)
    13 Pemberian motivasi V(lima)
    14 Interaktivitas (stimulus dan respond) V(empat)
    15 Kelengkapan informasi V(empat)
    KEGRAFISAN
    16 Penggunaan font (jenis dan ukuran) V(empat)
    17 Lay out, tata letak V(empat)
    18 Ilustrasi, grafis, gambar, foto V(lima)
    19 Desain tampilan V(empat)




    Berdasarkan hasil evaluasi tersebut,buku ini layak digunakan sebagai bahan ajar untuk siswa kelas 1 SMA.Skore untuk buku ini 90 %.

    Komentar dan Saran : Buku ini sudah memenuhi kriteria bahan ajar dan isi materi sudah sesuai dengan kurikulum.Dan buku ini akn lebih menarik apabila di beri gambar berwarna agar lebih agar dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dan siswa tidak merasa bosan untuk mempelajari buku ini.

    BalasHapus
  10. NAMA : IHWAN ROSIDI S
    NIM : A_320090038
    NAMA BUKU : ENGLISH IN FOCUS FOR GRADE VIII JUNIOR HIGH SCHOOL (SMP/MTs)
    PENULIS : Artomo Wardiman, et al.
    TAHUN PUBLIKASI : 2008
    TEMPAT PUBLIKASI : JAKARTA
    PENERBIT : CV. Putra Nugraha
    SKOR : 72,72
    DESKRIPSI :
    Dalam mengevaluasi buku ini, penulis dapat mengetahui apakah buku ini cocok atau tidak, sudah sesuai atau belum. Cocok tidaknya buku tentunya disesuaikan dengan kurikulum yang digunakan. Dalam buku Let’s Talk ini mulai dari cover sudah cukup mewakili kalu buku ini baik, karena pemberian warna dan corak dalam cover sudah memotivasi anak untuk memiliki buku ini. Penulis mengevaluasi buku ini berdasarkan teori MAGIC dari B.R Sundara Rajan. MAGIC itu sendiri mempunyai maksud, yaitu :
    M artinya Motivating dan Meaningful
    A artinya Authentic dan Appropriate
    G artinya Graphic and Graded
    I artinya Interesting, Interactive, dan Integrated. Dengan teori ini, penulis mengevaluasi satu demi satu dalam buku Let’s Talk. Secara singkatnya, setelah mengupas tuntas isi buku ini,penulis menemukan 8 kriteria yang sesuai dengan buku ini yaitu Motivating, meaningful, appropriate, graphic, interesting, interactive, integrated, creative.
    Dalam menilai, penulis mempunyai pedoman sebagi berikut :
    Total data yang ditemukan : Total kriteria yang ada x 100% =
    Karena penulis hanya menemukan 8 data, maka
    8 : 11 x 100% = 72,72.
    Untuk mengetahui layak tidaknya buku ini, penulis menggunakan presentase skema kualitas buku dari Suharmini Arikanto (1993:201). Dengan uraian sebagai berikut :
    76% - 100% = very good
    56% - 75% = good
    40% - 55% = fair/not compatible
    0% - 39% = poor.
    Dengan demikian, kita dapat mengetahui layak atu tidak buku ini. Berdasarkan hasil yang telah diperoleh yaitu dengan skor 72,72 maka buku ini layak sebagai bahan ajar.

    BalasHapus
  11. Nama : Agustina.
    Nim : A.3200 90 032.
    Nama buku : Grow With English (an English course for elementary school students).
    Nama penerbit : Erlangga.
    Tahun penerbit : 2007.
    Skor :90.

    Deskripsi :
    The book are to acquaint the students with English since the first year of their elementary education and to help them grow with English and become proficient in English. This book contain several units and each unit present approximately ten new word related to the theme, one or two language functions commonly used in the theme and the sentences structures or patterns that support the language function. The weakness of this book is on the cover, the cover lees attractive for the children because only a few picture and the color of this cover is not attractive for the children.

    BalasHapus
  12. Nama : Indratama Adi P.
    Nim : A.3200 90 006.
    Nama buku : English For Engineering.
    Nama penerbit : Era Pustaka Utama.
    Tahun penerbit : 2009
    Skor :100

    Deskripsi :
    The most valuable aspect of this book is that it is set to possibly meet what the students need urgently, that is get the point of what they currently deal with scientific work. This book divided into two units. The first unit is intended focusing on written cycle. The first four parts of this unit consist of material focusing on text reading, language focus, reading comprehension and writing task. The rest two parts of this unit are intended to give students experience in writing a five paragraph essay and individual construction. The second unit is also intended focusing on speaking cycle, this unit consist of material focusing on text, language focus and speaking task. The unit have the material of language focus, reading comprehension, speaking task and the rest of unit consist of individual construction.

    BalasHapus
  13. TASK 3

    NAMA : Yoga Purnawan
    NIM : A.320.090.220
    CLASS : E
    NAMA BUKU : Belajar Mudah Bahasa Inggris
    PENULIS : Azis Nur Cholis Majid S.S
    Ceceng Kustiawan S.Pd
    TAHUN PUBLIKASI : 2009
    TEMPAT PUBLIKASI : Surakarta
    PENERBIT : Tiga Serangkai
    SKOR : 85
    DESKRIPSI : Menurut saya buku belajar mudah bahasa inggris ini sangat baik digunakan sebagai bahan ajar untuk siswa,karena didalamnya terdapat materi yang lengkapsesuai dengan kurikulum yg digunakan.tidak hanya itu saja tetapi cover dari buku tersebut sudah cukup mewakili kalu buku ini baik, karena pemberian warna dan corak dalam cover sudah memotivasi anak untuk memiliki buku ini.buku ini tidak hanya dapat memotivasi siswa,tetapi di dalam buku ini juga terdapat nilai plus nya,karena buku ini mencakup meaningful, appropriate, graphic, interesting, interactive, integrated, creative.Selain itu didalam buku itu juga terdapat petunjuk petunjukbagi siswa maupun guru dalam menyampaikan materi.

    BalasHapus
  14. Nama: Nur Chairul Azis
    NIM : A320090171
    Kelas: e

    Title of book : TEACHING ENGLISH AS A FOREIGN LANGUAGE (TEFL)
    Writer : Endang Fauziati
    Publisher : Era Pustaka Utama
    Year of publisher : 2010
    Place of publication : Pajang, Laweyan, Surakart
    Score : 80%

    description
    the TEFL book that creates by Endang Fauziati are one of the good books, because it’s explain the material by simple and essay to understand, but nothing books that perfect, so this book has many weakness such as nothing picture there so it decrease the interest of that book,

    BalasHapus
  15. NAMA : ANANG BAHRUDIN
    NIM : A320090169
    JUDUL BUKU: LET’S LEARN ENGLISH
    PENERBIT : PERCETAKAN MEDIATAMA
    PENGARANG: MGPM MA KARISIDENAN SURAKARTA
    TAHUN: 2010


    Buku ini sangat cocok di gunakan untuk anak SMA atau MA karena buku ini sebagai media pengembangan pembelajaran Bahasa Inggris bagi para guru dan siswa. Buku ini di susun berdasarkan Kurikilum Berbasis Kompetensi dengan mengutamakan pendekatan inkuiri yang di sajikan secara sistematis, komunikatif, dan integratif. Buku ini juga mewujudkan pengembangan ketrampilan berbahsa yang meliputi Listening, Speaking, Reading dan Writing, serta unsur bahasa yang mendukung dalam setiap GENRE yang mudah di kuasai siswa.

    SEKOR: 85%

    BalasHapus
  16. Nama :Ryan Prihtani
    NIM :A 3200 90 181
    Class : E
    Judul Buku :English 3
    Penerbit :PERUM BALAI PUSTAKA
    Pengarang :Drs.W.J Tri Pudyatmoko,dkk
    Tahun :1996

    Buku ini sangat cocok digunakan untuk siswa SLTP karena guna menunjang program wajib belajar 9 tahun,meningkatkan mutu kegiatandan mendorong minat baca siswa.Buku ini di gunakan sebagai buku pelajaran pokok dalam proses belajar mengajar,penugasan kepada siswa dan pembuatan soal soal ujian,buku ini juga dapat menunjang untuk memperkaya atau melengkapi buku pelajaran pokok,buku ini juga tidak membebani ekonomi siswa terutama mereka yang tidak mampu.
    Skor :75 %

    BalasHapus
  17. Nama : Zulkarnain Wisnu
    NIM : A320090202
    Kelas : F
    Judul : Learning by Doing
    Penulis : Kasibani H. E. Suyanto
    Penerbit : Grafindo
    Tahun : 2006
    Nilai : 80

    Menurut saya buku ini sangat memenuhi intuk pembelajaran bahasa Inggris untuk siswa SD kelas 4. Cover buku yang menarik dan penuh warna sangat cocok untuk siswa kelas 4 SD. Selain dalam cover buku ini yang menarik, didalam buku pun dalam pengenalan materi buku ini juga dilengkapi gambar serta warna, hal ini mungkin akan membuat siswa bersemangat untuk membacanya dan mempelajari materi di dalamnya. Selain dua keunggulan diatas, buku “learning by doing” juga mengajak siswa untuk belajar aktif dalam mengungkapkan gagasan, pendapat, dan perasaan secara percaya diri. Buku ini menggunakan kosakata-kosakata dasar dalam bahasa Inggris, sehingga siswa dapat memahami dengan mudah. Tema dalam buku ini sangat familiar, ini bertujuan agar siswa selalu mengingat kosakata bahasa Inggris setiap hari, contoh dari tema dalam buku ini yaitu peralatan dalam kelas, aktivitas sehari-hari, bagian tubuh manusia, dan lain-lain. Buku ini memudahkan siswa SD kelas 4.

    BalasHapus
  18. Nama : WAHYU LISNAWATI
    NIM : A320090214
    Judul : INTERLANGUAGE
    ENGLISH FOR SENIOR HIGH SCHOOL STUDENTS XII
    SCIENCE AND SOCIAL STUDY PROGRAMME
    Penerbit : PT Grasindo
    Tahun terbit : 2008
    Tempat publikasi : Surakarta
    Score : 85
    Description of this book :
    The content of this book are easy to learn and understand for the learner to prepare national exam because this book has several task and question. The content of this book are also interesting for the learner because there are many picture and so that the learner are not fell bored.This book has an important role in teaching learning process, this book appropriate with the learner needs, learner lacks, and learner level. This book can make the learners enjoy learning English, this book is design in such way that even in experience teacher can used it effectively. This book provide some facilitates to support their skills such as speaking, vocabulary, reading, and writing. From the cover the textbook can interest to the learners because the cover is colorful it can make the student want to learn. The content of textbook is valuable because it suitable with senior high school students XII. The weakness of this textbook from the content because this book not contain the materials about listening skills and this textbook too colorful for senior high school students XII.

    BalasHapus